Motif Tradisonal Songket Silungkang "Bada Mudiak"

Kerukunan hidup bermasyarakat digambarkan dalam motif bada mudiak (ikan kecil mudik). Bada adalah ikan-ikan kecil dan mudik maksudnya ke arah mudik (ke hulu). Kehidupan ikan-ikan kecil yang bergerak mudik ke hulu menyonsong air yang jernih yang hidup seiring sejalan dalam satu arah dan satu tujuan, tanpa
harus saling dahulu-mendahului dan tanpa saling sikut-menyikut antara sesamanya. falsafah kehidupan bada mudiak menjadi lambang pergaulan dalam bermasyarakat yang seiya sekata, rukun, serasi, satu arah dan tujuan. Dalam pepatah dikatakan: ‘Elok susun bada mudiak, manyonsong aia samo sakato, arah baririang samo saraso, indak saikua nan manyalo. Saiyo sakato bakayuah mudiak, tuah di ateh nan sakato, cilako kito basilang’ (elok susunan bada mudik, menyongsong air sama sekata, arah beriring sama serasa, tidak seekor yang menyela, Seiya berkayuh mudik, tuah di atas yang sekata, celaka bila bersengketa). Falsafah bada mudiak merupakan konsep kerukunan yang baik ditauladani dalam kehidupan bermasyarakat, seiya sekata, satu arah dan satu tujuan. Kehidupan yang bertolah belakang dengan falsafah bada mudiak atau yang berlain arah dan tujuan, tidak akan mendatangkan ketenteraman ‘cilako kito basilang’ ( celaka kita bersilang).
Falsafah bada mudiak melambangkan kerukunan yang ditauladani oleh masyarakat Minangkabau, kehidupan yang seiya sekata, satu arah dan tujuan. Kehidupan yang bertolak beakang dengan falsafah bada mudiak atau dalam hidup bersama saling tolak belakang dan berlainan arah tidak akan mendatangkan ketentraman “cilako kito basilang” (celaka kita bersilang). Dalam upacara adat kesepakatan dan seiya sekata adalah dasar utama dapat terlaksananya upacara. Ketika mempersiapkan upacara yang paling awal dilakukan ialah acara babaua-baua yaitu mencari kesepakatan semua anak kemanakan dan semua anggota kaum didalam pasukuan. Apabila sudah ada kesepakatan , maka boleh dilanjutkan dengan babaua-baua selanjutnya. Jika terdapat satu orang saja yang tidak setuju acara tidak dapat lanjutkan atau dilaksanakan.
Apabila terjadi perbedaan pendapat atau berlainan pemikiran satu sama lain, mari kembali pada konsep semula separti bada mudiak yang meyonsong air jernih ke hulu, ‘bila kusut di ujung kembali ke pangkal’ yaitu musyararah dan mufakat, sesuai dengan pepatah; Dicari kato nan sabuah, dicari rundiang nan saiyo, dibulekkan aia ka pambuluah, dibulekan kato kamufakat, elok ambiak jo hetongan, buruak buang jo paparan. Lah dapek kato nan sabuah, bulek pantang basandiang, kok picak pantang basuduik, tapauik makan lantak, takuruang makan kunci, bakato baiyo, bajalan bamulo, kato surang dibulati, kato basamo dipaiyokan, hasianyo data balantai papan, licin balantai kulik (dicari kata yang satu, dicari rundingan yang seiya, dibulatkan air ke pembambu, dibulatkan kata dengan mufakat, yang baik diambil dengan rundingan, yang buruk dibuang dengan paparan. Bila sudah dapat rundingan yang seiya, dapat kata yang satu, bulat sudah boleh digelindingkan, nipis sudah boleh dilayangkan, bulat pantang bersegi, pipih pantang bersudut, terpaut makan lantak, terkurung makan kunci, berkata seiya, berjalan bermula, kata seorang dibulati, kata bersama diperiyakan, hasilnya datar berlantai papan, licin berlantai kulit).

Sumber : Songket Minangkabau, Teknik dan Filosofi (Oleh: Agusti Efi Marthala)

 

No comments:

Post a Comment