Penelitian Tenun Songket Silungkang dari IPB

Anggun Pertiwi, mahasiswi Program Keahlian Ekowisata Institut Pertanian Bogor mencoba mengangkat penelitian tentang kain tenun songket silungkang dengan judul "Pengembangan Wisata Kain Songket Silungkang di Kota Sawahlunto Sumatera Barat". Penelitian ini  mencoba mengangkat ke khas an tenun tradisional Songket Silungkang dari segi motif dan pengerjaannya. Tidak lupa juga ingin mengetahui persepsi baik wisatawan maupun masyarakat setempat tentang pengembangan Songket Silungkang dari jaman dahulu sampai saat sekarang dan bagaimana ke depannya dilihat dari sisi kepariwisataan.
Fokus dari penelitian ini dilakukan di Kecamatan Silungkang, yaitu di Desa Silungkang Duo dan Silungkang Tigo. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi songket silungkang, mengetahui karakteristik, persepsi dan motivasi pengunjung terhadap songket silungkang dan merancang suatu output dalam bentuk Leaflet tentang pengembangan wisata kain songket silungkang.
Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk melestarikan songket silungkang yg merupakan warisan yang bernilai tinggi dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya penenun.Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan adanya pengembangan songket silungkang serta memberikan pemahaman kepada penenun dalam pengembangan songket silungkang.
Sasaran dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kain songket silungkang memiliki potensi sebagai icon pariwisata dari silungkang dan sawahlunto pada umumnya.
Penelitian yang berlangsung dari bulan Februari sampai akhir Mei ini, diharapkan menghasilkan sebuah kajian yang bermanfaat untuk perkembangan songket silungkang untuk kedepannya.

No comments:

Post a Comment