Pewarnaan Benang Tenun Songket Silungkang


Warna-warna yang terdapat pada songket pada umumnya dinamai dengan nama-nama alam sesuai dengan warna yang terdapat di alam. Penamaan nama ini masih menurut nama warna alam karena pada awalnya warna yang dipakai adalah warna alam yang diambil dari tumbuh-tumbuhan. Walaupun sekarang sudah
memakai warna buatan dan warna kimia namun masyarakat masih memakai nama-nama alam sesuai dengan warna yang terdapat di alam yang pernah dipakai, antara lain :

  1. Warna kuning yaitu: kuning kunyit, kuning raja, kuning pinang masak, kuning muda kelopak bambu, kuning bunga ketola, kuning sirangkak, kuning telur, kuning langsat dan kuning tanah liat.
  2. Warna merah: merah hati, merah kulit, merah manggis, merah bunga raya, merah jambu, merah asam jawa, merah darah ikan, merah kesumba.
  3. Warna biru: Biru laut, biru nila, biru ungu, biru terusi dan biru sayap kumbang.
  4. Warna hijau: Hijau tua, hijau batang bembang, hijau kepala itik, hijau lumut, hijau daun selasih, hijau pucuk pisang, hijau serindit, hijau ular pucuk,
  5. Warna hitam: Hitam jebat, hitam kumbang, hitam keluang, kelabu asap dan kelabu tahi anjing. Warna merah ditambah biru menjadi warna biji kundang, warna biji remai dan warna butir setar.

No comments:

Post a Comment