Motif Tradisonal Songket Silungkang "Saluak Laka"


Desain saluak laka adalah lambang kekerabatan. Laka adalah alas atau wadah periuk terbuat dari jalinan rotan kecil yang lemah menjadi sebuah benda sebagai wadah tempat periuk belanga yang terjalin begitu kuat dan kokoh sehingga mampu menahan beban berat, sehingga periuk dan belanga tidak goyah dan isinya tidak tertumpah.
Saluak laka adalah lambang kekerabatan, hal ini memberi makna dalam kehidupan masyarakat, bahwa kekuatan akan terjalin dari kesatuan yang saling mengikat dan topang-menopang sehingga terujud kekuatan bersama dalam menghadapi berbagai persoalan. Pepatah mengatakan: Nan basaluak nan bak laka, nan bakaik nan bak gagang, supayo tali jan putuih, kaik-kaik nak jan sakah ( yang berseluk bak laka, yang berkait nan bak gagang, supaya tali jangan putus, kait-berkait supaya jangan patah).
Dalam upacara adat hubungan kekerabatan sangatlah besar. Untuk mepersiapkan upacara adat semua kerabat, urang sumando, anak pisang, ipar besan dan semua kerabat jauh dan dekat bergotong royong dan bekerja secara bersama menyelesakan pekerjaan sesuai dengan tanggung jawab mereka masing-masing. Beban yang berat akan terasa ringan apabila dikerjakan secara bersama-sama.

Sumber : Songket Minangkabau, Teknik dan Filosofi (Oleh: Agusti Efi Marthala)


No comments:

Post a Comment