Michelle Obama dan Songket

Michelle Obama dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia tahun 2010, ternyata diberikan cinderamata kenegaraan berupa "Songket". Hasil karya songket Pandai Sikek yang berbahan katun.
Perancang muda Auguste Soesastro mendapat kesempatan untuk memberikan busana rancangannya sebagai
cinderamata kenegaraan bagi ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama.

Karya Auguste itu diberikan kepada Michelle saat berkunjung ke Indonesia.
Busana rancangan Auguste itu menggunakan kain songket Pandai Sikek Sumatera Barat bermotif Limpapeh (simbol wanita Minang). Kain tenun itu merupakan hasil perajin binaan Rumah Pesona Kain (RPK).
Auguste mengatakan, kain yang digunakan dalam rancangannya itu berbahan organik.
"Selain kain songketnya sendiri digunakan dengan teknik tradisional, saya menggunakan katun berbahan organik dan juga menggunakan teknik potong sedemikian rupa sehingga hampir tidak ada bahan baku kain yang terbuang," kata pria berusia 29 tahun itu.
Karya Auguste juga ditampilkan di depan istri Barack Obama, bersama karya dua desainer Indonesia lain, Sebastian Gunawan, Priyo dan Oktaviano. Auguste mengaku dirinya bangga rancangannya dipercaya oleh istana.
"Rasanya bangga sekali saat Michelle Obama mengucapkan terima kasih," kata Auguste.
Desainer yang yang berbasis di New York, Amerika Serikat itu memiliki rumah mode bernama Kraton. Seluruh busana Kraton diproduksi di New York. Sumber inspirasi utama koleksi Kraton berasal dari seni dan budaya Indonesia.
Dalam ajang Jakarta Fashion Week yang berlangsung 6-12 November 2010 Auguste menampilkan karyanya. Peragaan busana yang bertajuk "'Kromo" ditampilkan Jumat (12/11) di Pacific Place Mall, Jakarta.
"Di Jakarta Fashion Week ini, saya bekerja sama dengan Rumah Pesona Kain menampilkan Kromo. Di mana rancangan busana kali ini saya dedikasikan kepada para perempuan Indonesia yang intelek yang tidak ingin terlalu menonjolkan diri, bercita rasa seni tinggi, dan berpengaruh besar di bidangnya masing-masing," kata Auguste.
Rancangan yang ditampilkan Auguste sederhana, tidak banyak pernak pernik namun tetap terlihat elegan.

Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment